Connect with us

Peristiwa

Terduga Teroris Di Malang Ditangkap Densus 88, Perannya Galang Dana

Diterbitkan

,

Terduga Teroris Di Malang Ditangkap Densus 88, Perannya Galang Dana
Lokasi penangkapan terduga teroris di Gang 4 Jalan Joyo Utomo Kelurahan Merjosari (Foto: Fathi)

 

KABARMALANG.COM – Densus 88 mengamankan terduga teroris di Jalan Joyo Utomo, Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

Penangkapan terduga teroris di Malang terjadi Senin, 16 Agustus 2021 hari ini, sehari jelang HUT kemerdekaan Republik Indonesia.

Densus 88 mengamankan pasangan suami istri. Si suami berinisial CA, 41, dan istrinya, L. CA terduga menggalang dana untuk aksi terorisme.

Terduga teroris tersebut memiliki toko aksesoris dan kebutuhan sehari-sehari sekaligus rumah kontrakan mereka di Jalan Joyo Utomo tersebut.

Ketua RT 04 RW 04 Kelurahan Merjosari, Hariyono membenarkan. Hariyono pun telah berkoordinasi dengan Densus 88.

“Ada dugaaan penggalangan untuk tindakan terorisme. Petugasnya (Densus 88) datang minta izin penangkapan ke saya sekitar pukul 11,” ujar Hariyono kepada media, Senin (16/8).

Kabar Lainnya : Dugaan Danai Teroris JI, Polisi Menyisir Kotak Amal.

“Setahu saya dia (CA) itu ada kegiatan penggalangan dana. Tetapi sehari-hari di rumah baik-baik aja dengan masyarakat tidak ada masalah apa-apa,” sambungnya.

Haryono menuturkan CA melakukan penggalangan dana dengan menaruh kotak amal di warung kelontong dan pertokoan di sekitar rumah CA. Tetapi, dia tidak tahu apakah itu galang dana untuk terorisme atau tidak.

“Iya di toko-toko yang ada itu (kotak amal). Katanya untuk membantu orang-orang yang kekurangan,” tuturnya.

Menurut kesaksian Haryono, CA tidak memiliki gelagat mencurigakan dalam kegiatan sehari-hari. Hariyono mengenal CA sosok yang baik hati.

“Dengan saya juga baik dia (CA) dan terbuka tidak pernah ada masalah apa-apa. Biasanya dia bantu -bantu gitu ada sembako,” ucap Hariyono, yang sebelumnya tidak menduga adanya keterkaitan terduga dengan jaringan terorisme.

“Saya kaget (penangkapan CA) kan dia keseharian juga rutin ke masjid salat sama anak-anaknya itu,” sambungnya.

Terakhir, Hariyono menambahkan CA berasal dari Kabupaten Jombang Jawa Timur. CA sendiri bersama keluarganya hidup di rumah kontrakan di Jalan Joyo Utomo itu.

“Tujuh tahunan (tinggal di kontrakan), kan dia kontrak itu, asalnya (CA) Jombang,” tutupnya.(fat/yds)

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih