Connect with us

Serba Serbi

Stasiun Kotabaru Malang Sedia Layanan Vaksinasi Penumpang, Perhatikan Syaratnya

Diterbitkan

,

Agenda layanan vaksinasi bagi penumpang kereta api jarak jauh di Stasiun Kotabaru Malang (istimewa)

 

KABARMALANG.COM – PT KAI (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya menyediakan layanan vaksinasi Covid-19 di Stasiun Kotabaru Malang bagi pelanggan KA jarak jauh mulai 6 Juli 2021.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif membenarkan. Vaksinasi itu mendukung pemerintah guna mempercepat program vaksinasi Covid-19 di Indonesia.

“Juga membantu melengkapi persyaratan pelanggan KA jarak jauh untuk melakukan perjalanan di masa PPKM darurat,” ujar Luqman kepada Kabarmalang.com, Minggu (18/7).

Dia mengatakan stok vaksin yang tersedia pun terbatas di setiap harinya. Layanan vaksinasi di stasiun tergelar sekitar pukul 08.00 hingga 13.00 WIB.

Luqman kemudian merinci enam syarat menggunakan layanan vaksinasi di Stasiun Kotabaru Malang.

“Syarat pertama, harus berusia 18 tahun ke atas. Kedua, menunjukkan kode booking tiket yang sudah lunas atau tiket KA jarak jauh yang berlaku,” bebernya.

“Lalu yang ketiga harus memiliki KTP, karena NIK-nya untuk keperluan pendataan dan sertifikasi vaksin. Keempat, datang paling lambat H-1 sebelum jadwal keberangkatan KA,” terangnya.

Syarat kelima, khusus bagi ibu hamil bisa mendapatkan vaksin di stasiun setelah mendapat penjelasan dari petugas kesehatan dan bersedia atas pilihannya untuk ikut vaksin Covid-19.

Terakhir, syarat keenamnya adalah calon penumpang KA harus dalam kondisi sehat.

Meski telah mendapat vaksin, Luqman tetap mengingatkan kepada seluruh pelanggan untuk terus menerapkan prokes 5M untuk memaksimalkan penjagaan dari tertularnya Covid-19.

Sementara itu, mulai 5-20 Juli 2021, pelanggan KA jarak jauh wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 2×24 jam atau Rapid Test Antigen maksimal 1×24 jam sebelum keberangkatan.

Luqman menambahkan, di samping itu pelanggan juga wajib menunjukkan kartu vaksin minimal vaksinasi dosis pertama.

“Sedangkan bagi pelanggan di bawah 18 tahun tidak harus menunjukkan kartu vaksin, dan pelanggan di bawah 5 tahun tidak harus menunjukkan hasil PCR atau Rapid tes Antigen,” ungkapnya.

Info selengkapnya terkait layanan vaksinasi gratis di stasiun dan syarat perjalanan kereta api di masa PPKM Darurat, masyarakat dapat menghubungi Customer Service Stasiun.

Begitu juga bisa menghubungi contact center KAI melalui telepon di 021-121, WhatsApp KAI121 di 08111-2111-121, email cs@kai.id, dan media sosial KAI121. (fat/fir)

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih