Connect with us

COVID-19

5M Belum Bisa Diterapkan, Pemkot Malang Optimalkan 4M

Diterbitkan

,

5M Belum Bisa Diterapkan, Pemkot Malang Optimalkan 4M
Wali Kota Malang, Sutiaji (Foto: Fathi)

 

KABARMALANG.COM – Protokol kesehatan (Prokes) 5M sulit terlaksana di Kota Malang. Padahal, menurut epidemiolog, 3M tak lagi efektif menangkal covid-19.

Memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan kurang ampuh. Perlu ada penambahan dua prokes lagi. Yaitu membatasi mobilitas dan menjauhi kerumunan, sehingga menjadi 5M.

Wali Kota Malang, Sutiaji mengungkapkan baru mengoptimalkan 3M. Plus menjauhi kerumunan.

“Sebetulnya sudah. Jadi 3M tambah menjauhi kerumunan. Sedangkan, membatasi mobilitas belum sepenuhnya,” kata Sutiaji kepada wartawan, di Balai Kota Malang, Selasa (5/1).

Baca Juga : Dinsos Sosialisasi 3M Untuk Lansia

Untuk menuju 5M, Sutiaji telah mengeluarkan SE. Yakni, edaran tentang menjauhi kerumunan. Misalnya  SE Nomor 33/2020 tentang prokes kegiatan nikah dan khitanan.

“Sudah tersampaikan, yang namanya agenda nikah. Itu kan batasannya di bawah 50 orang. Artinya menjauhi kerumunan,” terangnya.

SE itu juga mewajibkan adanya pelaporan ke Disnaker-PMPTSP Kota Malang. Sehingga, ada upaya menuju 5M.

Sebelumnya, Sutiaji pernah meninjau penerapan prokes pernikahan, pada (26/12) lalu. Selain itu, Pemkot Malang juga menerapkan pembatasan jam malam. Ini adalah tindak lanjut dari SE Pemprov Jawa Timur.

Tujuannya, untuk membatasi kerumunan saat liburan tahun baru. SE ini berlaku hingga 8 Januari 2021. Sehingga, upaya menuju 5M pun tercakup.

“Pembatasan jam malam mungkin akan berakhir. Tetapi, kami akan mengeluarkan kebijakan lagi untuk mitigasi Covid-19,” jelasnya, mengusung misi menuju 5M.

Baca Juga : Operasi Gabungkan, Bubarkan dan Pulangkan Kerumunan Massa

Data covid-19 Kota Malang menyebut jumlah positif bertambah 45 orang. Itu catatan per 5 Januari 2020.

Totalnya kini sebanyak 3924 kasus. Pasien yang wafat 386 orang. Sedangkan, yang sembuh 3180 orang. Pasien dalam pemantauan berjumlah 358 orang.(fat/yds)

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih