Connect with us

COVID-19

Risiko Covid-19, UB Tetap Kuliah Daring

Diterbitkan

,

Kampus Universitas Brawijaya Malang. (Foto : Istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Universitas Brawijaya masih memakai pembelajaran daring semester depan. Restu pembelajaran luring dari Kemendikbud tidak dipergunakan.

Karena, pandemi covid-19 yang masih merebak. Pembelajaran daring dilakukan dalam bentuk sinkron dan asinkron.

“Pembelajaran sinkron merupakan belajar daring dalam waktu yang sama. Belajar secara langsung, dan terlibat secara langsung,” kata Wakil Rektor I Bidang Akademik UB, Prof Aulanni’am.

Sementara, pembelajaran asinkron merupakan pembelajaran daring pada waktu berbeda. Komunikasi pembelajaran Asinkron dilakukan melalui media.

Yakni, web, email, atapun pesan unggahan forum komunitas. Sedangkan, kebijakan praktikum dan kegiatan lapangan juga diatur.

UB meminta penyertaan ijin dari orang tua secara tertulis. Mahasiswa dengan komorbid juga harus menyertakan surat sehat.

Selain itu, izin pimpinan setingkat dekat juga harus dikantongi. Selama praktikum, protokol kesehatan harus ditegakkan ketat. Misalnya, penggunaan masker tiga lapis.

“Mahasiswa dengan komorbid dalam kondisi terkontrol. Mahasiswa yang praktikum tidak dalam kondisi covid,” kata Prof Aul.

Keputusan ini didasari Peraturan Rektor UB. Penyelenggaraan pembelajaran semester genap 2020/2021 tetap daring.

Sebelumnya, UB menyatakan 75 civitas akademikanya positif covid-19. Sebagian besar dari mereka terpapar di luar kampus.

Tiga kluster pun terbentuk dari 75 civitas akademika ini. Sehingga, restu pembelajaran luring dari Kemendikbud tak ditelan mentah-mentah.

Akhirnya, UB memutuskan tidak menggelar pembelajaran luring. Sebagai gantinya, pembelajaran dilakukan secara sinkron-asinkron.(carep-04/yds)

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih