Connect with us

Pemerintahan

Dinkes Lombakan Kelembagaan Kelurahan Sehat

Diterbitkan

,

Dinkes Lombakan Kelembagaan Kelurahan Sehat
Pokja Kelurahan Sehat Kelurahan Kesatrian saat mengikuti lomba kelembagaan kelurahan sehat 2020, Dinkes Kota Malang

KABARMALANG.COM – Dinkes Kota Malang melombakan kelembagaan kelompok kerja Kelurahan Sehat. Lomba berlangsung sejak 16 hingga 27 November 2020. Pesertanya adalah 57 kelurahan se-Kota Malang.

Lomba bertujuan memotivasi Pokja mendorong kota sehat dengan baik. Karena, Pokja Kelurahan Sehat lebih paham soal lingkungan sekitarnya.

“Sehingga pembinaannya lebih intensif. Administrasi juga bisa lebih lengkap,” ujar Agus Widodo, Kasi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja, dan Olahraga Dinkes Kota Malang, dihubungi Kabarmalang.com, Sabtu (28/11).

57 Pokja Kelurahan Sehat dipersiapkan untuk verifikasi kota sehat. Sebab, tahun 2021, verifikasi nasional Kota Malang bakal dihelat.

Dengan lomba ini, kelembagaan dan administrasi Pokja harus siap. Sehingga, penilaian kota sehat bakal lancar.

Dinkes memberi beberapa parameter untuk lomba ini. Misalnya, administrasi kelengkapan dasar hukum. “SK Pokja kelurahan apakah masih ada atau masih berlaku,” terangnya.

Selanjutnya, kantor sekretariat Pokja diperhitungkan dalam penilaian. Ada pula penilaian soal pusat administrasi buku-buku.

Agus Widodo, Kasi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja, dan Olahraga Dinkes Kota Malang

Agus Widodo, Kasi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja, dan Olahraga Dinkes Kota Malang

“Mereka wajib membina tatanan. Dokumentasi kegiatan-kegiatannya itu yang dilihat,” jelasnya.

Menurut Agus, berbagai parameter ini bakal menggambarkan kesiapan Pokja. Sehingga, Dinkes Kota Malang siap menyambut penilaian kota sehat.

Ada beberapa evaluasi untuk Pokja Kelurahan Sehat. Beberapa item penilaian yang belum memenuhi syarat.

“Sebagian administrasi dan data dukung kurang lengkap. Seperti foto dan dokumentasi belum ada. Beberapa kegiatan juga belum dilakukan secara optimal.” ungkapnya.

Agus menuturkan Dinkes tidak semata-mata menggelar lomba. Ini juga pembinaan dari Dinkes untuk Pokja Kelurahan Sehat.

Sehingga Pokja yang dievaluasi bisa melakukan perbaikan dan penyempurnaan. Lomba akan mengambil tiga juara utama dan tiga juara harapan.

“Pengumumannya saat gebyar Hari Kesehatan Nasional dalam waktu dekat,” ucapnya.

 

Pokja Kesatrian Antusias Ikuti Lomba

Pokja Keluarahan Sehat Keluarahan Kesatrian mengikuti lomba ini. Mereka mendapat jatah penilaian juri pada Kamis (26/11). Juri pun datang ke Kantor Kelurahan Kesatrian.

Pokja ini mempersiapkan berbagai kelengkapan penilaian. Misalnya, buku surat menyurat, buku masuk dan keluar.

Lalu, surat keputusan, program kegiatan dan keterangan kas nggaran.

“Keterangan agenda Posyandu dan pembinaan lansia ikut dinilai. Pun, sertifikat-sertifikat saat menjuarai perlombaan,” ujar Supriyatin, Ketua Pokja Kelurahan Sehat Kelurahan Kesatrian, kepada Kabarmalang.com, Sabtu (28/11).

Contohnya, juara 1 urban farming tingkat kota. Juara 3 lomba pangan sedunia. Dan, juara 3 lomba fashion show lansia.

Berbagai kegiatan Pokja Kelurahan Kesatrian juga ditampilkan. Yaitu, program pemerintahan di kelurahan, lalu kegiatan kemasyarakatan.

“Misalnya kegiatan yang berkaitan dengan PAUD, TK, dan SD. Juga kerja bakti bersama dengan ABRI. Kan di sini wilayahnya banyak dengan tentara,” jelasnya.

Programnya lainnya adalah lomba PKK dan pembinaan Karangwerda. Pekan ketiga tiap bulan, ada pemeriksaan kesehatan lansia. Berupa, tensi darah dan tes gula darah.(fat/yds)

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih