Connect with us

Pemerintahan

Pemkot Malang Gelar KIP Award 2020

Diterbitkan

||

Nominator KIP Award Kota Malang 2020 saat presentasi di NCC Kota Malang. (Foto : Istimewa)

 

KABARMALANG.COMPemkot Malang menggelar Keterbukaan Informasi Publik Award (KIP) 2020. Sepuluh nominator terpilih dalam perebutan penghargaan itu.

Ada empat dinas yang masuk nominasi. Yaitu Disnaker PMPTSP, Dispendukcapil, Dispora dan Dinkes.

Dua badan nominator adalah Bappeda dan Bakesbangpol. Tiga puskesmas yaitu Pandanwangi, Janti dan Ciptomulyo. Sementara, satu kecamatan adalah Blimbing.

KIP Award menilai keterbukaan OPD menyebar informasi kebijakan. Karena, UU KIP menjamin hak masyarakat mengetahui jalannya pemerintahan.

Misalnya, proses perencanaan dan alasan pengambilan kebijakan publik. KIP juga mendorong partisipasi masyarakat dalam pengambilan kebijakan publik. Sehingga, pengelolaan badan publik yang baik bisa tercipta.

Keterbukaan Informasi Publik di era sekarang dinilai penting. Pemerintah dituntut membuka diri kepada masyarakat. Informasi dan kebijakan harus mudah diakses dari mana saja.

“Pemerintah diamanatkan membuka informasi penyelenggaraan pemerintahan kepada masyarakat,” ujar Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko, Kamis (26/11).

Ekspetasi publik sangat tinggi terhadap layanan administrasi publik. KIP Award ditargetkan menekan kesenjangan realita dan ekspektasi publik.

Sehingga, OPD dituntut mempunyai inovasi. Kreativitas harus ditampilkan. Edi pun optimis layanan publik Kota Malang bisa kreatif.

“Keterbukaan informasi publik membaik karena didukung SDM yang bagus. Tinggal konsistensi, komitmen dan regulasi untuk memayungi itu semua.” tambah Edi.

Nominator KIP Award pun melakukan presentasi di depan juri. Presentasi dihelat di Ngalam Command Center Kota Malang.

Nominator mempresentasikan beberapa hal. Misalnya, monitoring, evaluasi dan pemanfaatan teknologi informasi komunikasi.(carep-04/yds)

Advertisement
Klik untuk mengirimkan komentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement HUT PDIP ke 48

Terpopuler

WeCreativez WhatsApp Support
Marketing Kabarmalang.Com