Connect with us

Pemerintahan

Kota Malang Juara 2 Terminal Sehat Kemenkes

Diterbitkan

,

Ucapan selamat dari Terawan Agus Putranto, Menteri Kesehatan RI, kepada Kota Malang atas raihan Juara 2 Lomba Terminal Sehat (Foto: Istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Kota Malang yang diwakili oleh Terminal Madyopuro, berhasil meraih juara 2 Terminal Sehat Tipe C.

Lomba tersebut digelar Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI. Dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke 56 tahun 2020 dengan tema “Satukan Tekad Menuju Indonesia Maju”

Penghargaan diserahkan secara resmi pada Selasa pagi (17/11) secara virtual, oleh Terawan Agus Putranto, Menteri Kesehatan RI.

Turut hadir secara virtual Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Sri Winarni dan Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang, Handi Priyanto

“Alhamdulilah, Kota Malang meraih juara dua nasional, kategori terminal sehat tipe C,” ujar Anwar Nuris, Staff Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kota Malang, kepada Kabarmalang.com.

Anwar menuturkan ada beberapa poin penilaian dalam lomba kali ini, yang pertama tentang protokol kesehatan di terminal itu sendiri.

Terminal Madyopuro Kota Malang (Foto: Istimewa)

Terminal Madyopuro Kota Malang (Foto: Istimewa)

“Mulai dari disinfeksi angkutan, kemudian inovasi pembayaran, lalu pemeriksaan kesehatan pengemudi dan penumpang, di pos kesehatan di terminal,” ucapnya.

Selanjutnya, kata Anwar, adanya ruang lakstasi di terminal, dan mengenai kesehatan Tempat Tengolahan Pangan, itu dinilai dari higienitas makananya, lalu perilaku penjual dan kondisi lingkungannya.

“Kemudian dokumen- dokumen lain yang terkait upaya edukasi yang berbentuk media cetak, leaflet, baliho dan setersunya, sudah kita sampaikan,” sambungnya.

Anwar mengatakan setelah di verifikasi oleh tim provinsi Jatim, akhirnya Kota Malang bisa menunjukan inovasinya, bahwa tempat duduk di angkutan itu sudah tertata.

“Artinya ada jarak, terus di angkot itu juga ada handsanitaizer, kemudian ada juga tempat menaruh uang, penumpang bisa mengambil kembaliannya di kotak tersebut,” jelasnya.

Artinya, menurut Anwar, di saat banyaknya moda transportasi online, keberadaan angkot di Kota Malang masih maksimal. Terjemahan dari terminal itu menurut juri provinsi masih punya nilai atau peran.

“Alhamdulilah berkat peran Dinas Perhubungan, dan peran semuanya yang sangat luar biasa sehingga penghargaan ini bisa diraih oleh Kota Malang,” ungkapnya.

Anwar mengucapkan selamat kepada pengelola terminal yang sudah berupaya maksimal menyiapkan dan melaksanakan lomba terminal kesehatan.

“Kalau harapan dari dinas kesehatan, semoga ini dipertahankan dan dijalankan terus agar tidak menjadi klaster baru, kemudian masyarakat dan penumpang itu bisa sehat,” tutup Anwar. (fat/fir)

 

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih