Connect with us

Edukasi

Merdeka Belajar Jilid 6 Diluncurkan

Diterbitkan

,

Nadiem Makarim, Mendikbud meluncurkan Merdeka Belajar ke-6. (Foto : Istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Kemendikbud meluncurkan Merdeka Belajar Ke-6. Temanya “Transformasi Dana Pemerintah untuk Pendidikan Tinggi”.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikannya secara virtual (3/11). Nadiem Makarim, Mendikbud, mengklaim ini akan memberi terobosan kampus.

“Merdeka Belajar pendidikan tinggi akan menyiapkan terobosan pendanaan fundamental. Agar tercapai pendidikan Indonesia yang lebih maju,” ungkap Nadiem.

Nadiem menjelaskan tiga mekanisme transformasi pendanaan. Mekanisme ini diklaim meningkatkan Indikator Kerja Utama kampus.

Pencapaian indikator utama IKU akan mempersiapkan mahasiswa unggul. Serta, riset dosen yang bermutu tinggi.

“Pendanaan perguruan tinggi berbentuk biaya operasional, mendorong tercapai IKU. Dengan sistem insentif yang sesuai dengan capaian itu,” ucap Nadiem .

Nadiem juga menyampaikan, Kemendikbud memiliki program matching fund. Program ini diharap mengakselerasi kontribusi industri bagi pengembangan pendidikan.

Serta meningkatkan awareness industri pada penelitian perguruan tinggi.

Ada pula pendanaan competitive fund. Ini diklaim mendorong inovasi dan perubahan bagi perguruan tinggi Indonesia.

“Competitive fund mendorong diferensiasi universitas menemukan jati dirinya. Menemukan spesialisasinya. Ini agar mereka maju dan siap menghadapi masa depan,” kata Nadiem.(carep-05/yds)

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih