Connect with us

Pemerintahan

2021 Bupati Malang Janjikan Gaji 2 Juta Per Bulan Guru Honorer

Diterbitkan

||

Suasana Konferensi Kabupaten (Konkab) PGRI Kabupaten Malang di Gedung PGRI Kabupaten Malang

 

KABARMALANG.COM – Tenaga Pendidik Kontrak (TPK) alias guru Honorer tentunya bahagia. Pasalnya pada 2021 nanti, Bupati Malang, HM Sanusi menjajikan akan menambah gajinya hingga Rp. 2 juta per bulan.

Hal itu dilakukan sebagai upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang untuk meningkatkan kesejahteraan guru honorer di lingkungan Pemkab Malang.

“Kalau saat ini gaji guru honorer dikeluhkan, karena nilainya masih kecil. Pada 2021 nanti Insyaallah kami (Pemkab Malang) upayakan untuk dinaikkan hingga Rp. 2 juta,” terangnya usai membuka Konferensi Kabupaten (Konkab) PGRI Kabupaten Malang, Sabtu (19/09/2020) di Gedung PGRI Kabupaten Malang, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang.

Kebijakan itu, menurut pria kelahiran Gondanglegi tersebut akan diberlakukan untuk semua tingkatan sekolah yang berada di bawah naungan Pemkab Malang.

“Semunya, baik SD maupun SMP, Negeri atau Swasta, yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Malang gajinya akan kami tambah,” tuturnya.

Hanya saja, kebijakan itu tidak berlaku untuk sekolah yang berada di bawah naungan Kemenag Kabupaten Malang.

“Kalau madrasah kami belum bisa, karena itu berada di bawah naungan Kemenag, bukan Pemkab Malang,” katanya.

Untuk diketahui, jumlah guru honorer di Kabupaten Malang, berdasarkan data yang dihimpun media online ini sebanyak 4747 orang untuk Sekolah Dasar (SD), dan 1274 orang untuk guru SMP.

Sedangkan gaji yang diberikan bervariasi, sesuai kebijakan setiap sekolah masing, karena diambilkan dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sesuai dengan Permendikbud Nomor 19 tahun 2020 terkait teknis penggunaan bantuan operasional sekolah atau BOS.

Sebelumnya, dalam Permendikbud Nomor 8 tahun 2020 gaji guru honorer hanya bisa diambilkan 50% dari dana BOS reguler. Namun, dalam Pasal 9A ayat (2) aturan baru persentase tersebut tak berlaku lagi selama masa darurat kesehatan Covid-19.

Menanggapi hal itu, Ketua PGRI Kabupaten Malang, Dwi Sucipto mengatakan akan mengawal wacana Bupati Malang tersebut.

“Kita tahu bahwa kesejahteraan guru memang masih kurang. Oleh karenanya nanti akan kita kawal dari sisi regulasinya,” katanya.

Termasuk, lanjut Dwi juga terkait dengan kekurangan guru di Kabupaten Malang. Sekedar informasi, jumlah kekurangan guru di Kabupaten Malang kurang lebih sebanyak 6400.

“Ini juga yang menjadi PR kita (PGRI) kedepan,” tukasnya. (haq/fir)

 

Klik untuk mengirimkan komentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pemerintahan

Kayutangan Ditutup 2 November, Ini Jalur Alternatifnya

Diterbitkan

||

Peta rekayasa lalu lintas kawasan Basuki Rahmat. (Foto : Istimewa)

KABARMALANG.COM – Kawasan Malang Heritage akan dibangun. Ada dua zona yang bakal dikerjakan.

Yaitu, Zona I depan PLN. Dan Zona II simpang Rajabali. Pengerjaan dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya.

Melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Timur. Yakni, Satker Pelaksanaan Prasarana Permukiman Wilayah II Pemprov Jatim.

Pembangunan dimulai Senin 2 November 2020. Sehingga, akan ada penutupan beberapa ruas jalan. Serta, pemberlakuan rekayasa pengalihan arus lalu lintas.

Sosialisasi berupa banner dan pemberitahuan terus digencarkan.

Berikut jalur rekayasa lalin.

1. Dari arah Jalan Brigjen Slamet Riadi (Oro-oro Dowo) ditutup di simpang tiga Jalan Brigjen Slamet Riadi Jalan Bromo. Diarahkan ke kanan menuju Jalan Bromo. Akses ke Indocell dan toko-toko sekitarnya masih bisa. Penutupan total di depan kantor kursus mengemudi Natuna.

2. Dari arah Jalan Semeru ditutup di simpang Bromo Semeru depan Pizza Hut. Dan dialihkan ke Jalan Bromo. Akses ke Pizza Hut, Lai Lai dan lainnya masih bisa. Ditutup total 500 meter dari simpang Rajabali.

3. Dari arah Jalan AR Hakim (Talun) tidak bisa belok kiri ke Jalan Basuki Rahmat. Diarahkan lurus ke Jalan Merdeka Utara. Tetapi untuk akses ke pertokoan sepanjang Jalan Basuki Rahmat masih bisa. Ditutup total di depan Bank BNI 46.

4. Dari arah Jalan MGR Sugiyopranoto bisa ke Jalan Majapahit. Dan Jalan Basuki Rahmat arah ke selatan, tidak bisa ke utara.

5. Dari arah Jalan Kahuripan depan Kodim 0833 menuju simpang Rajabali ditutup. Dialihkan ke Jalan Tumapel dan Jalan Belakang RSU. Akses ke travel Haryono dan BCA masih bisa, ditutup total di samping BCA.

6. Dari arah Jalan JA Suprapto ditutup di simpang tiga Denkesyah, diarahkan ke Jalan Patimura. Jalan JA Suprapto sisi barat masih dibuka untuk akses ke Polresta hingga Avian.

Penutupan dan rekayasa lalu lintas dilakukan selama masa pembangunan. Pembukaan jalan dilakukan tanggal 20 desember 2020.(carep-04/yds)

Lanjutkan Membaca

Politik

Wapres : Muslimat NU Harus Memperluas Jaringan

Diterbitkan

||

Suasana Rakernas Muslimat NU di Hotel Singasari (Foto : Istimewa)

KABARMALANG.COM – Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin meminta Muslimat NU berjejaring. Ma’ruf menilai jejaring penting untuk membesarkan Muslimat NU.

“Tidak boleh tertutup, tidak boleh kaku, harus bergaul. Buka selebar-lebarnya dengan siapapun, dalam hal apapun,” ujar Ma’ruf dalam sambutan daring Rakernas Muslimat NU di Hotel Singhasari Resort, Kamis siang (29/10).

Banom (Badan Otonom) NU juga harus didorong. Supaya, jaringan dan teamworking-nya meluas. Karena itu untuk kebesaran Muslimat sendiri.

Ma’ruf pun berpesan agar Muslimat aktif menangkal radikalisme. Dia mengajak tokoh Muslimat menyampaikan pesan yang menyejukan masyarakat.

Ma’ruf menambahkan, pemerintah telah menghadirkan sejumlah fasilitas. Agar organisasi perempuan seperti Muslimat bisa mengembangkan UMKM.

“Muslimat harus memanfaatkan perangkat yang ada untuk meningkatkan UMKM. UMKM adalah mitra strategis,” ujar Ma’ruf.

Ketum PP Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa mengamini. Menurutnya, berbagai isu telah dibahas dalam rakernas.

“Mulai dari layanan pendidikan, kesehatan dan sosial. Yang punya panti asuhan di NU adalah Muslimat,” tutup wanita yang juga Gubernur Jatim tersebut.(arl/yds)

Lanjutkan Membaca

Politik

Ultah ke-61, PP Dampit Bagikan Masker

Diterbitkan

||

Pemuda Pancasila PAC Dampit.(Foto : Imron Haqiqi)

KABARMALANG.COM – PAC Pemuda Pancasila Dampit memeriahkan ultah ke-61. Dalam momen Sumpah Pemuda, mereka membagikan masker.

Ini bentuk bakti sosial mereka untuk masyarakat. Pembagian masker digelar di Jalan Semeru Selatan, Kecamatan Dampit.

“Pada kegiatan kali ini kita menyediakan 500 masker. Itu diberikan kepada tukang ojek, pedagang dan pengendara,” terang Ketua PAC Pemuda Pancasila Kecamatan Dampit, Nanang Qosim saat ditemui lokasi kegiatan, Rabu (28/10).

Kegiatan tersebut diikuti anggota Pemuda Pancasila PAC Dampit. Baik unsur pengurus, Koti (Komando Inti), dan Srikandi.

“Kita juga memberikan edukasi kepada masyarakat. Agar, selalu menerapkan protokol kesehatan. Sering cuci tangan, menggunakan masker, dan jaga jarak,” bebernya.

Ayah 4 anak itu berharap Pemuda Pancasila semakin solid.

“Alhamdulillah, respon masyarakat sangat baik atas kegiatan kami. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini. Masker kan sangat dibutuhkan oleh masyarakat,” tutup Nanang.(im/yds)

Lanjutkan Membaca
Advertisement Iklan Sosialisasi Perwali Kota Batu
Advertisement Iklan cukai Pemkot Batu

Terpopuler

WeCreativez WhatsApp Support
Marketing Kabarmalang.Com