Connect with us

Kabar Batu

Sukseskan Gerakan Sejuta Masker, PKK Sosialisator Paling Jitu

Diterbitkan

,

KABARMALANG.COM – Upaya Pemerintah pusat dalam memutus mata rantai persebaran virus Covid-19 dengan program gerakan sejuta masker yang telah di galakkan di beberapa tempat, kini digelar di Kampung Ekologi Kelurahan Temas Kecamatan Batu.

Ketua Umum TP-PKK (Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga) Tri Suswati Tito Karnavian bersama Ketua TP-PKK Jatim Arumi Bachsin didampingi Walikota Batu Dewanti Rumpoko menyapa langsung serta melaunching secara simbolis di kampung yang pernah menyabet penghargaan PROKLIM (Program Kampung Iklim) kategori utama nasional dari Kementerian LHK.

“Yang terpenting PKK bisa tahu bagaimana cara penggunaan masker yang benar, jaga jarak dan cara cuci tangan. Ini dilakukan karena mereka yang akan terjun langsung ke lapangan dan mengedukasi masyarakat,” ujar Tri Suswati.

Tri Suswati, juga menilai organisasi pemberdayaan wanita ini dianggap sebagai sosialisator paling tepat karena itu yang merupakan jantung dari keluarga bisa mengedukasi anggota keluarganya masing-masing.

Lebih lanjut, istri Tito Karnavian menyampaikan bahwa masker yang disumbangkan di Kota Batu sebanyak 500 ribu potong masker dan selanjutnya akan didistribusikan di 24 desa/kelurahan yang ada di Kota Batu.

Ia juga menambahkan, selama ini PKK dianggap sebagai pelengkap dalam mendukung program OPD terkait, bukan berarti PKK tak mumpuni untuk terlibat dalam urusan vital.

Karena pengalaman PKK bergerak dibidang sosial tidak perlu diragukan lagi. Dengan jaringan yang tersebar luas, Tri Suswati optimis PKK bisa melakukan sosialisasi pentingnya penggunaan masker selama pandemi.

“Apalagi kalau harus bergerak ke pelosok desa, kami sangat mampu. Kalau perlu TP PKK bisa mengikut sertakan komunitas yang ada di daerahnya untuk berkontribusi dalam pembagian masker,” sambungnya.

Oleh sebab itu, Tri Suswati berharap dalam hal ini PKK akan berupaya semaksimal mungkin dan turut andil dalam memerangi pandemi Covid-19.

Terpisah, Dewanti Rumpoko membeberkan gerakan ini diseleraskan dengan instruksi Presiden RI Joko Widodo untuk melibatkan PKK untuk menyerukan tertib memakai masker.

Karena secara naluri, ibu-ibu memiliki kepekaan dan kelembutan sehingga bisa efektif dalam mengajak pada kebaikan. Hasilnya pun bisa lebih optimal karena ibu-ibu bisa mengingatkan anggota keluarganya mematuhi protokol kesehatan.

“Mudah-mudahan keterlibatan PKK dari pusat hingga daerah bisa mengawal dan mengingatkan masyarakat agar sadar pentingnya memakai masker untuk menekan angka penyebaran Covid-19,” pungkas wanita yang akrab disapa Bude tersebut. (Adv)

 

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih