Connect with us

Pemerintahan

Pj Wali Kota Malang Lakukan Penguatan Program Pengentasan Kemiskinan

Diterbitkan

,

Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat (foto istimewa)

KABARMALANG.COM – Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat menguatkan program pengentasan kemiskinan dan realisasi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Pemkot Malang terus melakukan langkah kongkret untuk menekan angka kemiskinan di Kota Malang.

Dari catatan angka kemiskinan di Kota Malang pada 2023 berhasil turun menjadi 4,26 persen. Sebelumnya, pada 2022 sebesar 4,37 persen.

“Artinya, jumlah penduduk dengan pengeluaran per kapita per bulan di bawah Garis Kemiskinan di Kota Malang mencapai 37,78 ribu jiwa,” kata Wahyu.

Kota Malang menjadi terendah kedua se-Jatim terkait angka kemiskinan. Bahkan, melampaui angka kemiskinan Jatim yang berada sebesar 10,35 persen.

Wahyu juga akan menguatkan sektor ekonomi kreatif untuk menurunkan angka kemiskinan. Berdasarkan data BPS, ekonomi kreatif turut berperan dalam menurunkan angka kemiskinan.

Sementara, Kepala Dinas Sosial P3AP2KB, Donny Sandito terkait angka kemiskinan di Kota Malang mengatakan bahwa selama ini pihaknya terus berusaha menekan dengan program yang menyentuh kelompok fakir miskin.

“Rantang Kasih salah satu program yang di laksanakan untuk mengintervensi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di Kota Malang,” kata Kepala Dinas Sosial P3AP2KB, Donny Sandito.

Ada 26 jenis di PPKA, salah satunya lansia terlantar, anak terlantar, dan ODGJ terlantar. Dari situ, kata Donny, kami kan sesuai dengan perintah pimpinan untuk mengintervensi semua PPKS di Kota Malang.

“Ada warga yang tidak bisa apa-apa lagi. Sudah tidak produktif. Kami bantu permakanan seperti sembako, berkaca dari situ, mulai 2021 ada program Rantan Kasih,” ungkap Donny.

Melalui program tersebut, warga yang sudah tidak produktif di beri asupan makanan dua kali sehari. Petugas Dinsos P3AP2KB memberikan makanan, minuman dan buah kepada 171 warga yang tersebar di lima kecamatan.

“Setiap hari dapat dua kali. Kami kirim per makanan, lauk pauknya, kemudian dengan buah dan minuman. Kami kirim pagi dan sore,” pungkas Donny. (carep01/fir)

 

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih