Connect with us

Politik

DPC PDIP Malang Menggelar Upacara Hari Sumpah Pemuda, Peserta Memakai Busana Adat Daerah

Diterbitkan

||

KABARMALANG.COM – DPC PDI Perjuangan Kota Malang menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda. Semua peserta upacara memakai busana adat daerah, dilaksanakan dikantornya di Jalan R. Panji Suroso, Kota Malang, Minggu (27/10/2019).

Upacara Hari Sumpah Pemuda tersebut bertemakan Bersatu Kita untuk Indonesia Maju.

Menurut I Made Riandiana Kartika, upacara hari ini kita melibatkan 275 orang. Terdiri dari, pengurus DPC dan ranting partai PDI Perjuangan yang ada kota Malang.

“Sesuai dengan instruksi partai, seluruh DPC se-Indonesia wajib merayakan Hari Sumpah Pemuda,” ujarnya, Minggu (27/10/2019) disela-sela acara.

Lanjutnya, sehingga kami yang ada di DPC Kota Malang, hari ini melaksanakan kegiatan upacara sederhana. Dan, peserta upacara kita minta untuk memakai seragam pakaian adat daerah wilayah di Indonesia.

“Pemilihan pakaiannya, bebas tanpa kita paksakan. Tapi, juga kita lombakan,” ungkap Made sapaan akrabnya.

Made yang juga menjabat Ketua DPRD Kota Malang ini mengungkapkan, juga ada lomba menyanyikan Mars PDIP Perjuangan.

“Untuk lomba nyanyi ini tidak boleh pakai teks. Artinya, mereka kita harapkan mampu tampil baik dengan lagu kebesaran kita,” kata Made menambahkan.

“Semangat kolektif kolegial selalu diutamakan di PDI Perjuangan. Tidak ada yang merasa hebat atau menonjol karena kita ingin semua solid, bergerak maju untuk memenangkan semua kontestasi politik yang ada di kota Malang,” pungkasnya. (ary/fir)

Politik

Nahkoda DPRD Kabupaten Malang Sementara Waktu Pindah ke NasDem

Diterbitkan

||

Oleh

Penandatangan surat pernyataan kesanggupan Sodikul Amin menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Malang sementara (Foto: Imron Haqiqi).

 

KABARMALANG.COM – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Malang, Didik Gatot Subroto resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai anggota sekaligus Ketua DPRD Kabupaten Malang sejak hari ini, Rabu (23/09/2020) di Ruang Paripurna DPRD Kabupaten Malang.

Hal itu, seiring keputusan resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang yang menetapkan Didik Gatot Subroto sebagai salah satu Calon Wakil Bupati Malang berpasangan dengan HM Sanusi sebagai Calon Bupati Malang pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 9 Desember mendatang.

Pengunduran diri Didik tersebut sebagaimana aturan yang termuat dalam Undang-Undang (UU) No. 10 tahun 2016 perubahan kedua UU No. 1 tahun 2015 tentang penetapan Perppu No. 1 tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota.

Di Dalam Undang-undang disebutkan bahwa calon pemimpin daerah harus memiliki persyaratan yang menyatakan secara tertulis pengunduran diri sebagai anggota DPR, DPD dan DPRD sejak ditetapkan sebagai calon peserta pemilihan.

Lantas, untuk mengisi kekosongan kursi jabatan Ketua DPRD Kabupaten Malang, para anggota legislatif Kabupaten setempat akhirnya memilih Wakil Ketua DPRD dari fraksi NasDem, Sodikul Amin untuk memimpin sementara (Plt, red) sebelum adanya proses Pergantian Antar Waktu (PAW).

Dalam sambutannya, Bupati Malang HM Sanusi menyampaikan apresiasi atas kinerja Didik Gatot Subroto yang selama ini telah bekerja keras untuk selalu mengawal program-pogram Kabupaten Malang.

“Tapi karena pihaknya mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati Malang maka harus mengundurkan diri, sesuai dengan peraturan KPU nomor 1 tahun 2020 tentang perubahan ketiga peraturan KPU nomor 3 tahun 2017 tentang pencalonan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati, dan Wakil Bupati atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota bahwa calon kepala daerah dan wakil kepala daerah harus menyatakan secara tertulis pengunduran diri sebagai anggota DPRD,” tegasnya.

Untuk diketahui, majunya Pilkada Kabupaten Malang 2020 sebagai Calon Wakil Bupati (Cawabup) Malang mendampingi Calon Bupati (Cabup) HM Sanusi itu diusung oleh enam partai, yakni PDI Perjuangan, PPP, NasDem, Demokrat, Gerindra, dan Golkar.

Selain HM Sanusi dan Didik Gatot Subroto, ada dua calon lagi yang akan juga turut berkompetisi dalam Pilkada Kabupaten Malang tersebut, yakni Latifah Shohib dan Didik Budi Muljono yang diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Hanura, dan Calon Bupati dan Wakil Bupati Malang jalur perseorangan, Heri Cahyono dan Gunadi Handoko.

Besok, Kamis (23/09/2020) ketiga calon tersebut akan mengambil nomor urut ke KPU Kabupaten Malang. (haq/fir)

Lanjutkan Membaca

Politik

Penanganan Covid-19, Fraksi PKS Jaring Aspirasi Pemuda

Diterbitkan

||

Oleh

KABARMALANG.COM – Hari aspirasi digelar Fraksi PKS Kota Malang. Tema kali ini Pesan Pemuda dalam Percepatan Penanggulangan Covid-19 di Kota Malang dilaksanakan di ruang fraksi PKS DPRD Kota Malang.

Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Malang Trio Agus Purwono mengatakan aspirasi yang kemarin disampaikan para pemuda sangatlah penting untuk Kota Malang kedepan.

“Para pemuda di Kota Malang ingin bersinergi dengan Pemkot Malang dalam penaggulangan corona,” ujarnya, Selasa (30/06/2020).

Seperti remaja masjid, lanjut Trio Agus Purwono, yang dapat membantu secara masif untuk menyampaikan sosialisasi pemerintah terkait protokol kesehatan. Tentu, karena rumah ibadah merupakan berkumpulnya banyak orang.

“Ada juga mahasiswa yang menanyakan dana hibah yang dijanjikan Pemkot Malang, ini nanti akan kami kroscek lagi,” ucapnya.

Bahkan untuk menggelorakan semangat muda, pihaknya siap mendukung Ranperda Kepemudaan yang diinisiasi Pemkot Malang. Karena saat ini, Kota Malang masih belum menyandang predikat Kota Layak Pemuda.

“Padahal, ada puluhan universitas di Kota Malang, yang tentunya menyumbang banyaknya aktifitas pemuda di Kota Malang,” sambung Trio sapaan akrabnya.

Trio menambahkan, Pemkot Malang perlu menjalankan tugas dan kewenangannya lebih optimal lagi, khususnya dalam percepatan penanganan corona. Utamanya di sektor mendasar bidang kesehatan, ekonomi dan pendidikan.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua II DPRD Kota Malang Asmualik, Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Malang Trio Agus Purwono, Sekretaris Fraksi PKS Ahmad Fuad Rahman, Bayu Rekso Aji, Rokhmad dan Akhdiyat Syabril Ulum. Serta peserta undangan dari organisasi mahasiswa, dan lembaga kepemudaan. (ary/fir)

Lanjutkan Membaca

Politik

Peringati Bulan Bung Karno, DPC PDIP Gelar Lomba Mewarnai

Diterbitkan

||

Oleh

KABARMALANG.COM – Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPC PDIP) Kabupaten Malang menggelar lomba mewarnai gambar sketsa Presiden Republik Indonesia pertama, Sukarno.

Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Malang, Darmadi mengatakan bahwa lomba ini digelar untuk memperingati bulan Bung Karno, juga dalam rangka Hari Lahir Pancasila.

“Ini dalam rangkaian bulan Juni, yang merupakan bulan, haul, Bung Karno. Sekaligus memperingati Hari Lahir Pancasila,” ujarnya, Sabtu (13/06/2020).

Puluhan anak-anak terlihat antusias menggoreskan crayon warna-warni di sebuah kertas yang terdapat sketsa gambar Presiden Republik Indonesia pertama, Sukarno.

Pria yang juga menjabat Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Malang ini menambahkan, tujuan diadakannya lomba itu lebih untuk mengenalkan sosok pendiri bangsa kepada para generasi penerus bangsa.

“Ini kan untuk memperkenalkan pendiri bangsa kita, caranya dengan mewarnai gambar Bung Karno,” ungkap Darmadi.

Tidak lupa, karena saat ini Indonesia masih berhadapan dengan pandemi Covid-19, DPC PDIP Kabupaten Malang juga menerapkan protokol kesehatan ketika pelaksanaan lomba. Jarak antar anak-anak itu diatur agar tidak terjadi kerumunan.

Lanjutkan Membaca
Advertisement Iklan Sosialisasi Perwali Kota Batu
Advertisement Iklan cukai Pemkot Batu

Terpopuler

WeCreativez WhatsApp Support
Marketing Kabarmalang.Com