Connect with us

Pemerintahan

Forum Grup Discussion, Kuatkan Peran Masjid Ketahanan Ekonomi Keluarga Tercipta

Diterbitkan

,

Forum Grup Discussion (FGD) mengangkat penguatan ketahanan ekonomi keluarga berbasis masjid

KABARMALANG.COM – Forum Grup Discussion (FGD) mengangkat penguatan ketahanan ekonomi keluarga berbasis masjid, Rabu (18/10) di Hotel Pelangi Kota Malang.

Pj. Wali Kota Malang Wahyu Hidayat yang hadir dalam kegiatan tersebut menuturkan fenomena yang terjadi sekarang sangatlah kompleks.

Wahyu lantas membandingkan dengan beberapa tahun yang lalu di mana pola hidup masyarakat cenderung stabil.

“Sekarang kita banyak di hadapkan pada kompleksitas masalah, bila kita bandingkan 20-30 tahun yang lalu sudah tentu sangat berbeda,” ucapnya.

Wahyu menambahkan perubahan pola hidup menjadi faktor utama yang memiliki andil besar menurunkan ketahanan ekonomi suatu keluarga.

Ia juga menyentil maraknya kredit, rentenir, dan pinjaman online juga karena obsesi yang berlebihan dari masyarakat.

Belum lagi permasalahan seperti kemiskinan, stunting yang juga merupakan dampak perkembangan zaman dan membutuhkan sinergi berbagai pihak untuk di tuntaskan.

Karena itu, menangkap semua fenomena dan permasalahan ini, Wahyu mengatakan masjid memiliki peran yang luar biasa dalam memberikan penguatan kepada umat.

Masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah dan dakwah tetapi juga sebagai tempat menyelesaikan berbagai permasalahan umat.

“Banyak permasalahan yang di hadapi sehingga menurunkan ketahanan ekonomi keluarga. Ini di perparah dengan maraknya rentenir dan pinjaman online yang dampaknya tidak baik,” ucapnya.

“Belum lagi masalah kemiskinan dan stunting yang menjadi PR bersama, ini butuh uluran tangan dan sinergi berbagai pihak khususnya masjid,” terang Wahyu.

Untuk itulah di momen acara FGD ini, Wahyu berharap sinergitas Pemerintah Kota Malang dengan DMI mampu menjadi senjata ampuh mengembalikan lagi ketahanan ekonomi keluarga pada jalur yang semestinya.

“Langkah yang di lakukan perlu sistematis dengan pendekatan yang tepat kepada masyarakat,” katanya.

“Saya yakin langkah ini efektif karena dengan di perkuat DMI, harapan saya penguatan yang di berikan mampu menciptakan ketahanan ekonomi keluarga di Kota Malang,” tutup Wahyu. (tik/fir)

 

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih