Connect with us

Serba Serbi

Portal Di Jalan Bukit Klemuk Kurangi Angka Kecelakaan

Diterbitkan

,

Pemasangan portal di Jalur Klemuk, perbatasan wilayah Kecamatan Pujon dan Kecamatan Batu telah rampung

 

KABARMALANG.COM – Pemasangan portal di Jalur Klemuk, perbatasan wilayah Kecamatan Pujon dan Kecamatan Batu telah rampung di laksanakan.

Di atas portal tersebut juga di pasang papan imbauan bagi pengguna jalan yang akan melintas di jalur rawan itu harus ekstra berhati-hati.

Dengan selesainya pemasangan portal pintu gerbang atas jalur ke Bukit Klemuk dan satu lagi portal di pertigaan bawah masuk Songgoriti, juga sudah finising dan selesai pengerjaannya.

Hal itu, akan menjadi suatu pertanda bahwa para pengguna jalan yang melewati jalur alternatif tersebut. Tetap waspada dan mematuhi himbauan, atau rambu-rambu yang sudah terpasang di jalur tersebut.

“Kami selaku Pemerintahan Songgokerto, mewakili masyarakat, mengucapkan (maturnuwun) terima kasih kepada Pemkot Batu beserta Dinas terkait,” ujar¬†Lurah Songgokerto Arsyam Dhian Ramadhan, Rabu (24/5/2023).

“Dan relawan sudah berupaya semaksimal mungkin untuk membuktikan dan menyelesaikan pekerjaan pemasangan portal baik diatas maupun yang di bawah,” sambungnya.

Ia menambahkan, setelah pekerjaan pemasangan selesai, saat ini sedang ada kegiatan pekerjaan lanjutan pembangunan jalur penyelamat ketika ada kendaraan mengalami rem blong.

Dan yang rencanaya akan ada tiga titik jalur penyelamat itu meliputi, titik atas titik tengah dan titik bawah, yang menggunakan lahan Perhutani.

“Proses permohonan pengajuan jalur penyelamat yang ada di tiga titik tersebut, dari pihak Perhutani sudah merealisasikan atau mengizinkan penggunaanya,” ucapnya.

Maka sekali lagi, kata Arsyam kami ucapkan banyak terima kasih kepada Pj. Walikota Batu, Dishub, Dinas PUPR, mendorong langsung kepada Perhutani agar bisa terwujud pembangunan jalur penyelamat di bukit Klemuk.

“Dari pantauan langsung di lapangan, proses pengerjaan jalur penyelamat tersebut di lengkapi dengan dasaran pasir, dan tebing dindingnya ada karung berisi sekem, serta ada ban-ban untuk meredam laju kendaraan yang mengalami rem blong, agar bisa terselamatkan dan tidak sampai menelan korban jiwa,” katanya.

Saat ini, sudah ready jalur penyelamat di sisi utara jalan bawah.

Sedangkan posisi jalur penyelamat yang tengah pada saat ini juga, masih berlangsung pekerjaanya yang di bantu alat beratnya dari Dinas PUPR Batu bersama Dishub, relawan dan masyarakat Songgokerto.

Harapan kedepan, mulai pintu gerbang atas di pertigaan Bukit Klemuk, klau bisa jalannya di perlebar kembali dan di lengkapi dengan rambu-rambu, serta penerangan lampu jalan (PJU) yang masih kurang.

Karena ketika masuk hari libur, sesuai laporan dari personel Kelurahan Songgokerto ketika piket di jalur alternatif itu, jalan tersebut mengalami kemacetan cukup panjang.

“Semoga dengan sarana dan prasarana yang baik, Jalur Klemuk dapat meminimalisir angka kecelakaan Lalu lintas dan tidak sampai terulang lagi hingga menimbulkan korban jiwa,” ujarnya.

“Semoga jalan alternatif satu-satunya di Bukit Klemuk bisa nyaman aman, untuk pengguna jalan yang melintas di jalur rawan itu,” pungkasnya. (rat/fir)

 

Terpopuler

WeCreativez WhatsApp Support
Marketing Kabarmalang.Com