Connect with us

Ekbis

Infaq ke Masjid Jami Malang, Kini Bisa Pakai QRIS

Diterbitkan

,

KABARMALANG.COM- Pembayaran zakat infaq, sodaqoh (ZIS) ke masjid kini semakin mudah. Jamaah bisa menyalurkan donasinya melalui QRIS (Quick Response (QR) Code Indonesian Standard). Pembayaran ZIS akan langsung masuk ke rekening masjid atau yayasan selaku pengelola.

QR Code ini mulai dikenalkan kantor Bank Indonesia perwakilan Malang kepada 20 pengurus masjid di wilayah Kota Malang, termasuk di masjid jami’ yang berada di pusat Kota Malang itu.

Kepala kantor perwakilan Bank Indonesia Malang Azkha Subhan mengatakan, dengan QRIS penyaluran infaq, sodaqoh melalui masjid, akan lebih mudah. Jika dulu, jamaah membayar tunai yang kemudian dikumpulkan takmir atau pengurus masjid dan disetorkan ke bank.

“Dengan QRIS, tinggal barcode saja. Besaran dananya berapa melalui dompet non tunai yang dimiliki. Bisa Go Pay, OVO, Link Aja, atau yang lainnya. Infaq, sodaqoh yang dibayarkan langsung masuk ke rekening yang dimiliki masjid atau yayasan,” ujar Azka saat sosialisasi QRIS di masjid jami’ Kota Malang, Senin (7/10).

Azka menerangkan, masjid jami’ Kota Malang menjadi masjid yang pertama menggunakan QRIS. Diharapkan, sistem pembayaran non tunai ini bisa menular ke masjid-masjid lainnya.

Menurut Azka, penerapan QRIS di masjid, tentunya dapat mengurangi beban tanggung jawab marbot. Dimana selama ini, mereka banyak bersusah payah, mengumpulkan dan menghitung hasil infaq, sodaqoh jamaah yang kemudian disetorkan ke rekening bank yang dimiliki.

“Ini juga mengurangi beban kerja marbot. Selain itu transparan dari Infaq, sodaqoh maupun zakat yang disetorkan,” tegas Azka.

Dia menyebut, ada setidaknya 29 dompet non tunai yang kini bisa dipergunakan oleh masyarakat. Bank Indonesia sendiri sejak 1 Januari 2019 telah menetapkan penggunaan QRIS dalam setiap transaksi non tunai.

“Ini maksudnya melalui satu barcode yang telah ditentukan oleh BI. Dalam melakukan transaksi non tunai,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Bank Indonesia bersama CIMB Niaga Syariah mengenalkan cara penggunaan QRIS untuk pembayaran ZIS melalui masjid jami’ Kota Malang. Sejumlah kotak amal yang ada, juga sudah ditempel stiker QRIS untuk memudahkan jamaah melalukan barcode penyaluran infaq dan sodaqoh.

Ketua Takmir masjid jami Kota Malang KH Zainuddin A Muchit menyambut baik hadirnya QRIS atau sistem pembayaran non tunai yang digagas oleh Bank Indonesia itu.

Menurut dia, teknologi akan memberikan kemudahan bagi jamaah ketika ingin membayarkan infaq dan sodaqoh. “Jadi, jika tak mau bawa uang, masih bisa menyalurkan infaq ataupun sodaqohnya. Nanti kita sosialisasikan kepada seluruh jamaah,” terangnya terpisah.

Zainuddin mengaku, setiap bulan setidaknya dompet dhuafa yang mengalir ke masjid jami Kota Malang mencapai Rp 200 juta lebih. “Dengan penyaluran non tunai ini, semuanya bisa langsung masuk rekening. Tanpa kita susah payah setor ke bank dahulu,” tutupnya. (rjs/fir)

Advertisement
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ekbis

4 Langkah BI Malang Stabilkan Harga Hingga Lebaran 2021

Diterbitkan

,

4 Langkah BI Malang Stabilkan Harga Hingga Lebaran 2021
Yon Widiyono, Analis BI Malang (Foto: Istimewa)

 

KABARMALANG.COMBank Indonesia (BI) Malang melakukan 4 langkah untuk menstabilkan harga komoditas kebutuhan pokok pada bulan Ramadan hingga lebaran 2021 usai.

Yon Widiyono, Analis BI Malang membenarkan. Langkah pertama adalah BI Malang berkoordinasi dengan tim Pengendali Inflasi Daerah.

“BI bersama dengan tim pengendalian inflasi daerah di kabupaten kota se-wilayah kerja itu telah mengadakan rapat koordinasi,” ujar Yon Widiyono, Jumat (16/4).

Koordinasi tersebut untuk memonitor terkait ada atau tidaknya kenaikan harga komoditas pangan di pasaran.

“Kami temukan beberapa barang harganya naik, ada juga beberapa komoditas harganya turun. Tetapi secara keseluruhan, ketika kami total itu relatif stabil,” terangnya.

BI bersyukur karena kondisi harga komoditas saat ini sedang stabil. Namun pihaknya tetap waspada dengan kondisi tersebut.

Sehingga langkah kedua adalah BI akan mengadakan pasar murah untuk menstabilkan harga komoditas.

“Tentunya dengan adanya pasar  murah, akan meringankan beban masyarakat menyambut Idul Fitri gitu ya. Tentunya dampaknya positif untuk masyarakat,” ungkapnya.

Langkah yang ketiga adalah BI melakukan sidak ke pasar, untuk mengetahui keakuratan pantauan harga dari BI menggunakan sistem atau aplikasi.

Kabar Lainnya : Bank Indonesia dan PWI Bersinergi Bangun UMKM di Malang Raya.

“Kita turun ke pasar untuk pantau langsung, misalnya beras itu harganya Rp 11 ribu, kita pantau di pasar, benar gak harganya Rp 11 ribu,” jelasnya.

“Nah setelah itu kita pastikan, stok kita cek juga. Bulog kita ajak koordinasi, alhamdulillah stok tersedia dengan bagus saat ini. Apalagi nanti di akhir April ada panen raya padi ya,” ringkasnya.

Sehingga, menurut Yon Widiyono, kecukupan stok komoditas di Kota Malang masih aman. Masyarakat tidak perlu khawatir menjelang hari raya Idul Fitri tahun 2021 nanti.

Terakhir, untuk langkah nomor 4, BI Malang membuat terobosan kemudahan pembayaran konsumen kepada penjual. Tujuannya untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19.

“Misalnya masyarakat datang ke pasar, kalau di masa pandemi ini,  kita mendorong setiap penjual di pasar itu menerapkan pembayaran melaui QRIS,” akhirnya.

Sebagai informasi, QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) adalah sebuah standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia.

QRIS memudahkan proses transaksi dengan QR Code. Transaksi dengan QRIS juga lebih cepat, dan terjaga keamanannya.(fat/yds)

Lanjutkan Membaca

Ekbis

Apartemen The Kalindra Nyaman Dan Aman Cuma Modal Rp 5 Juta

Diterbitkan

,

Apartemen The Kalindra Nyaman Dan Aman Cuma Modal Rp 5 Juta
Apartemen The Kalindra Kota Malang menyajikan hunian nyaman dan aman. (Foto : Fir)

 

KABARMALANG.COM – The Kalindra menyajikan apartemen nyaman, aman dan asri serta berhawa sejuk pegunungan di Kota Malang.

Hunian ini berlokasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani Utara, No 10 Kota Malang. memiliki penawaran yang menarik bagi anda.

“Hanya dengan modal Rp 5 juta saja, sudah memiliki kenyamanan gaya hidup di apartemen yang mewah di Kota Malang,” kata Supervisor The Kalindra, Oddy, Selasa (13/4).

“Uang Tanda Jadi (UTJ) terjangkau, Down Payment (DP) dan cicilan ringan, plus bonus kitchen set. Tentu saja ini promo yang menarik dari kami,” katanya.

Menurut Oddy, The Kalindra menjadi salah satu apartemen di Kota Malang yang patut menjadi pilihan hunian nyaman dan aman.

“Cukup dengan UTJ Rp 5 juta plus program DP mulai dari 10 persen. Tentunya bisa cicil mulai dari Rp 1 jutaan setiap bulan selama 3 tahun. Program ini sampai bulan April saja, karena kuotanya terbatas,” ringkasnya.

Selain itu penghuni The Kalindra bukan cuma berasal dari Kota Malang. Penghuni asal Jayapura sampai Belanda pun ada di Kalindra.

“Karena lokasinya yang strategis, apa lagi dengan fasilitas premium. Nilai investasinya yang sangat menjanjikan,” bebernya.

Meski begitu, The Kalindra kini juga menyasar target pasar di semua kalangan. Sasarannya tak hanya kaum millenial saja.

“Kita sengaja membangun The Kalindra tidak hanya fokus kepada para mahasiswa saja, tapi secara universal. Bisa eksekutif muda, bahkan keluarga yang sering berkunjung ke Kota Malang,” papar dia.

Oddy juga menguraikan, The Kalindra merupakan satu-satunya apartemen dengna konektivitas hotel berkelas bintang 4, seperti Aston City Hotel.

Kabar Lainnya : 2 Hotel Kota Malang Menangkan East Java Tourisme Award 2020.

“Disamping itu, lokasinya juga sangat strategis. Sebab, The Kalindra juga menawarkan segudang fasilitas yang bisa jadi nilai tambah,” rincinya.

Beberapa fasilitas antara lain access card, area komersial, foodcourt and cafe, swimming pool, wifi public area, water treatment spa.

“Kemudian, playground, fitness center, meeting room, gym, barbeque area, function room, dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Oddy juga menyebutkan, selain lokasi The Kalindra yang dinilai cukup strategis dekat dengan pintu keluar masuk tol Singosari.

Jarak The Kalindra hanya sejauh sekitar 1 kilometer dari pintu tol, juga dekat dengan pusat Kota Malang.

Dia menegaskan, investasi di The Kalindra juga terjamin keamanannya. Karena sejak awal developer The Kalindra telah berkomitmen untuk melengkapi semua prosedur pemerintah.

“Sehingga proses pembangunan dapat berjalan dengan baik. Selain itu, legalitas kita aman. Artinya Izin Mendirikan Bangunan (IMB) kita sudah clear dan tahun ini siap groundbreaking,” pungkas Oddy mengakhiri.

Marketing Gallery The Kalindra Malang. (Foto : Fir)

The Kalindra memasang hotline Marketing Gallery di nomor 0341-400100. Agency The Kalindra juga tersebar di seluruh kota di Jawa Timur atau bisa mengunjungi www.thekalindra.com.(fir/yds)

Lanjutkan Membaca

Ekbis

Boss Cafe Dau Malang, Tongkrongan Mahasiswa Harga Ramah Kantong

Diterbitkan

,

Boss Cafe Dau Malang, Tongkrongan Mahasiswa Harga Ramah Kantong
Suasana Boss Cafe di kawasan kampus Dau, Kabupaten Malang. (Foto : Istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Tempat tongkrongan santai seperti Boss Cafe di Dau Malang menjadi sasaran utama kalangan mahasiswa.

Karena, Boss Cafe yang beralamat di Jalan Raya Dermo No 32 Mulyoagung Dau Kabupaten Malang itu ramah di kantong.

Pemilik Boss Cafe, Ruth Naniek Suliati membenarkan. “Sasaran kami memang mahasiswa, karena harganya pun juga ramah untuk anak-anak kampus,” ujar Ruth kepada Kabarmalang.com, Sabtu malam (10/4).

Menurutnya, mahasiswa menjadi segmen terbaik bagi tempat tongkrongan di sekitaran kampus.

Sehingga, menu sajian untuk mahasiswa harus variatif demi melayani segmen ini.

Tempat usaha seperti Boss Cafe ingin memastikan para mahasiswa bisa nongkrong tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

“Menu makanan kami antara lain lalapan ayam penyet, ayam tulang lunak, tempe tahu penyet dan olahan mie instan,” ujarnya.

Dia menegaskan, untuk makanan, Ayam tulang lunak sambal masih menjadi menu andalan Boss Cafe.

“Kemudian, snack pisang naget, risoles mayo, lumpia goreng, sosis bakar, roti bakar, cireng dan singkong keju juga ada,” tandasnya.

Sementara, sajian minuman yang wajib ada yaitu kopi. Boss Cafe, menghadirkan kopi dampit dan ekspresso untuk para mahasiswa yang nongkrong.

“Kami juga memiliki aneka juice. Dengan menu minuman andalan, yaku stroberi, yakuci serta es kopi Boss,” ringkasnya.

Demi mengakomodasi kalangan mahasiswa, Boss Cafe buka sejak jam 2 siang. “Sementara, kami baru tutup sesuai aturan pemerintah yaitu jam 10 malam,” akhirnya.(fir/yds)

Lanjutkan Membaca

Terpopuler

WeCreativez WhatsApp Support
Marketing Kabarmalang.Com