Connect with us

Kabar Batu

Peringatan Hari Pramuka ke-61 di Lapangan Coban Talun Kota Batu

Diterbitkan

,

Wakil Wali Kota Batu, H Punjul Santoso, selaku Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Batu. (foto istimewa)

 

KABARBATU.COM – Wakil Wali Kota Batu, H Punjul Santoso, selaku Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Batu menjadi pembina upacara pada kegiatan Peringatan Hari Pramuka ke-61 tahun 2022 di Lapangan Coban Talun, Rabu (7/9/2022).

Dengan penuh semangat, puluhan anggota Praja Muda Karana (Pramuka) se-Kota Batu menjadi peserta upacara ini.

Dalam sambutannya, Kak Punjul Santoso menjelaskan bahwa apel besar peringatan hari pramuka baru di selenggarakan saat ini, karena pada saat tanggal 14 Agustus bersamaan dengan Jambore Nasional.

Selain itu, untuk memberikan kesempatan bagi Ranting Kwarcab Pramuka Kota Batu untuk mengadakan upacara.

“Tema utama peringatan Hari Pramuka ke-61 adalah “Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa”. Tema ini menunjukkan tekad kita untuk terus mengabdi tanpa batas di berbagai bidang,” kata Kak Punjul.

Kak Punjul mengatakan, pengabdian yang di lakukan adalah bagian dari pendidikan di dalam Gerakan Pramuka.

Sejak usia pramuka siaga, adik-adik telah di didik untuk memberikan perhatian terhadap sesama, siap membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan.

Bahkan, Kwarcab Pramuka Kota Batu sudah sering terlibat dalam berbagai kegiatan, seperti penanganan Covid-19, pembagian masker, pemberian sembako, penanganan banjir bandang di Desa Bulukerto, hingga penanganan erupsi Semeru di Lumajang.

“Semua bentuk pengabdian yang di lakukan sejalan dengan kode kehormatan yaitu Dwi Satya dan Dwi Darma untuk Pramuka Siaga, serta Tri Satya dan Dasa Darma untuk golongan Pramuka lainnya,” jelas Kak Punjul.

Selain itu, semua kode kehormatan gerakan Pramuka itu ditekankan untuk selalu bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang antara lain di wujudkan dengan saling menolong dalam semangat persaudaraan tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras, dan antar golongan.

Pada kesempatan tersebut, Kak Punjul Santoso juga menganugerahkan tanda penghargaan lencana Pancawarsa kepada para andalan dan pembina dalam jajaran Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Batu.

Penghargaan di berikan kepada Agustinus Sudarkasi, Dwi Supristiono, Alik Suhariyani, Dadang Sulistiono, Bobby Prahara V, Mohammad Cholid Ali, Dewi Restika Widhana, Hanifah, Rohim Nursoleh, Dwi Ernawati, Erly Fahrunisa Coiria, dan Dyah Normaning Poncorini.

Selain itu, juga di berikan tanda penghargaan dan piala regu tergiat lomba tingkat III regu Penggalang Kwarcab Kota Batu dan penyerahan kembali bendera kontingen Jambore Nasional XI. (tik/fir)

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih