Connect with us

Kabar Batu

Proaktif, Mampir Bos Sambangi Desa Pendem

Diterbitkan

,

Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPSPTK) Kota Batu melaksanakan program Mampir Bos di Desa Pendem (foto istimewa)

 

KABARBATU.COM – Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPSPTK) Kota Batu melaksanakan program Mampir Bos.

Kali ini Desa Pendem yang di kunjungi Mampir Bos, Senin (21/2/2022).

Mampir Bos kepanjangan dari Mobil Anjungan Melayani Pengaduan dan Izin Rakyat Batu Online Single Submision.

“Ini merupakan bagian dari jemput bola DPMPSPTK ke Desa dan kelurahan ,” ujar salah satu staf dari dinas perizinan, Saipul Anwar.

Pengurus izin dan pengaduan di mobil keliling hari Senin sampai Rabu untuk jam operasional mulai pukul 09.00 sampai 12.00.

“Di sini (Desa Pendem) hari pertama, karena sosialisasinya kurang yang datang cuma satu, dua orang saja itupun ambil formulir dan konsultasi,” ujarnya.

Tetapi, Saipul melanjutkan, kalau sudah hari kedua dan ketiga, biasanya sudah banyak yang datang.

Desa Pemdem salahsatu desa yang jauh dari Balai Kota Among Tani, dengan adanya mobil keliling ini pengurusan perizinan warga akan terbantu lebih dekat.

Saat di singgung terkait tulisan pengurusan gratis meliputi pengurusan apa saja?.

“Pengurusan perzinan tertentu yang bayar. Misalnya, pengurusan Izin Mendirikan Bangunan ( IMB) dulu ada restribusinya sekarang jadi Persetujuan Pembangunan Gedung ( PBG) nama IMB sudah di ganti,” terangnya.

Mekanisme pengurusan PBG apakah prosesnya sama seperti pengurusan IMB?.

“Ya, hampir sama, dan pengurusannya online. Sekarang harus melalui online plust pakey aplikasi namanya SIM BG aplikasi dari Kementrian semua,” ucap Saipul.

Sementara itu, Kepala Desa ( Kades) Pendem, Kecamatan Junrejo Kota Batu, Tri Wahyuwono Efendi mengaku merespon terkait program tersebut.

“Saya sangat merespon kegiatan ini. Setidaknya memudahkan pelayanan warga sekitar berkaitan dengan perizinan,” ujar Efendi.

Perlu di ketahui, pemerintah telah menghapus status Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan menggantinya dengan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG).

Istilah PBG itu perizinan yang di gunakan untuk membangun bangunan baru atau mengubah fungsi dan teknis bangunan tersebut.(carep02/fir)

 

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih