Connect with us

Edukasi

UB Peringkat 3 PTN Terbaik Versi UniRank

Diterbitkan

,

UB Peringkat 3 PTN Terbaik Versi UniRank
Ketua Pusat Pemeringkatan UB Adharul Muttaqin, ST, MT. (foto : Humas UB for Kabarmalang.com)

 

KABARMALANG.COM – Universitas Brawijaya (UB) meraih peringkat ketiga nasional dalam lembaga pemeringkatan internasional 2021 Indonesian University Ranking (UniRank).

Peringkat ini muncul pada bulan Juli 2021 di situs 4icu.org. Sementara itu untuk tingkat Asia, UB menduduki ranking 42 Top Universities in Asia.

UniRank, sebelumnya 4ICU, menggunakan algoritma dari lima metrik web.

Yaitu Google Page Rank, Alexa Traffic Rank, Majestic Seo Referring Domains, Majestic Seo Citation Flow, dan Majestic Seo Trust Flow dalam melakukan pemeringkatan secara umum.

UniRank memiliki syarat agar perguruan tinggi bisa memperoleh penilaian.

Yaitu, terakreditasi oleh badan akreditasi pendidikan tinggi yang resmi, memiliki program gelar sarjana dan pascasarjana, serta memiliki perkuliahan utama dalam bentuk tatap muka.

4ICU ini merupakan situs pemeringkatan perguruan tinggi internasional berbasis traffic web atau berbasis web metrics.

“Jadi bisa kita katakan ini merupakan ranking website perguruan tinggi yang tidak secara langsung menggambarkan kualitas akademiknya,” jelas Ketua Pusat Pemeringkatan UB Adharul Muttaqin, ST, MT, dalam keterangan tertulis Humas UB, Jumat (28/10.

Berikut adalah 10 perguruan tinggi terbaik se-Asia versi UniRank: UGM, UI, UB, UNAIR, UPI, UNY, IPB, UNDIP, UNPAD, dan UNNES.

Sebelumnya, pada pemeringkatan internasional Times Higher Education World University Rankings (THE WUR), UB menduduki peringkat 1201+ dunia, dan keenam di Indonesia.

Peringkat ini berdasarkan academic reputation, employer reputation, faculty student ratio, citations per faculty, international faculty, dan international students.

Sementara itu, pada pemeringkatan internasional Webometrics, UB berada di peringkat 4 nasional berdasarkan tiga indikator.

Yakni web content impact atau visibility, openness atau transparency, dan excellence atau scholar.(carep-04/yds)

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih