Connect with us

Politik

HUT ke 48 PDIP, Megawati Ajak Bersungguh-Sungguh Amalkan Pancasila

Diterbitkan

,

Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarno  Putri (Foto : istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarno Putri memberikan pidato daring dalam rangka HUT ke 48 PDI Perjuangan, Minggu (10/1).

Megawati mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersungguh-sungguh mengamalkan Pancasila.

“Pandemi Covid-19 membawa kita pada sebuah peradaban baru yang justru seharusnya membuka mata batin dan pikiran untuk mengamalkan Pancasila,” ujar Megawati, melalui saluran youtube PDI Perjuangan, Minggu (10/1).

Menurut Megawati, inilah saatnya untuk benar-benar dan konsisten dalam menerima dan menjalankan Pancasila. Bukan hanya menjadi jargon belaka.

“Bangsa ini sangat butuh Pancasila diimplementasikan di saat krisis seperti ini.

Dalam sebuah semangat persatuan, hidupkan semangat kekeluargaan dan gotong royong,” jelasnya.

Pancasila bisa menjadi suatu kebijaksanaan karena berdasar pada ketuhanan, kemanusiaan, kebangsaan, kerakyatan, dan keadilan sosial.

“Maka bangsa ini, saya katakan berkali-kali tidak membutuhkan pedoman lainnya. Pancasila adalah jalan kebudayaan dan sekaligus kepribadian bangsa,” tandasnya.

Presiden RI ke 5 tersebut, menegaskan bahwa negeri ini tidak boleh kehilangan kepribadian bangsa yang sepi ing pamrih, rame ing gawe.

“Artinya tidak pernah ramai mengatakan dengan pamrih apa yang dia telah dibuat dan dilakukan. Tapi terus kerja, kerja, kerja,” ungkapnya.

Segala cita-cita keluhuran, jangan kemudian terhalangi oleh gerak individualistis dan materialistis, karena semuanya itu yang mengikis sistem demokrasi Pancasila kita.

“Saat ini adalah momentum yang tepat bagi kita semua untuk ada dalam satu semangat, satu barisan, dan satu gerakan yaitu semangat gotong royong Pancasila,” terangnya.

Ketua DPC PDI P Kota Malang, I Made Riandiana Kartika (Fathi)

Indonesia Berkepribadian Dalam Kebudayaan

Terpisah, Ketua DPC PDI P Kota Malang, I Made Riandiana Kartika, menambahkan, HUT PDI P tahun ini mengusung tema Indonesia berkepribadian dalam kebudayaan.

“Dengan maksud budaya lokal dan budaya masyarakat bisa menghidupkan kembali semangat gotong royong,” terangnya kepada Kabarmalang, di Kantor DPC PDI P Kota Malang, Minggu (10/1).

Di tengah situasi pandemi ini, hanya kebersamaan yang bisa menyelamatkan Indonesia, dengan berlandaskan budaya dan kepribadian Indonesia.

Ketua DPRD Kota Malang mengatakan perayaan HUT PDI P tahun ini lebih sederhana, karena sedang masa pandemi. Tidak bisa membuat perayaan besar-besaran.

“Kami rayakan tetap dengan kegiatan menyentuh langsung ke masyarakat. Bukan lagi membuat kegiatan yang membuat kerumunan massa,” terangnya.(fat/yds)

Advertisement Gempur Rokok Ilegal Bea Cukai Malang
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Temukan Foto Wapres Megawati Di Pengungsian, Ketua DPRD Terharu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih