Connect with us

Pemerintahan

Sutiaji Tuntaskan Dua Proyek ‘Macet’

Diterbitkan

,

Peresmian Gedung Islamic Center Malang, di Hall Islamic Center (Fathi)
Gedung Islam Center Malang (Foto : Fathi)

 

KABARMALANG.COM – Wali Kota Malang, Sutiaji berhasil menyelesaikan proyek-proyek ‘macet’. Pembangunan jembatan Kedungkandang yang mandeg, selesai di eranya.

Wacana Islamic Center bertahun-tahun lalu, terwujud oleh Sutiaji. Pun, Sutiaji lihai berdinamika bersama DPRD. Sehingga, dua proyek besar itu tuntas di 2020.

Karena itu, Sutiaji begitu berseri akhir tahun ini. Suka cita Sutiaji terlihat saat meresmikan Islamic Center, Rabu (30/12).

Gedung ini berlokasi di kawasan Arjowinangun. Pembangunannya menggunakan APBD 2020 Kota Malang. Nilai anggarannya Rp 53 miliar.

Proses pengerjaannya berjalan selama 270 hari. Gedungnya terdiri atas 2 lantai. Luas keseluruhan gedung 10498,370 meter persegi.

Meskipun gedung sudah selesai, Sutiaji belum puas. Karena, Islamic Center harusnya menjadi asrama dan manasik haji.

Tetapi, wacana tersebut akan berubah. Karena, menurut Bapennas, Kota Malang bukan destinasi embarkasi haji.

“Saya sudah minta Ketua DPRD Kota Malang. Ini harus ada reset plan Islamic Center,” ujar Sutiaji kepada wartawan, di Gedung Bersama, Rabu (30/12).

Peresmian Gedung Islamic Center Malang, di Hall Islamic Center

Peresmian Gedung Islamic Center Malang, di Hall Islamic Center (Fathi)

Rencana terbarunya, Islamic Center akan mewadahi organisasi islam. Juga, organisasi kemasyarakatan yang belum punya kantor.

“Misalnya, MUI, FKUB, Baznas dan beberapa organisasi lainnya. Akan tinggal di Islamic Center,” jelasnya.

Selain itu, Kantor Kemenag dan Kantor Imigrasi juga tertarik. Mereka kabarnya ingin geser ke kawasan Islamic Center.

“Gedung yang sudah terbangun harus bermanfaat. Sehingga, Imigrasi dan Kemenag yang kemarin mengajukan, kita fasilitasi,” ungkapnya.

Bagi Sutiaji, tanggung jawab moral perlu meningkat. Karena, tugas Pemkot Malang bukan membangun saja. Tetapi, pemanfaatan pembangunan jauh lebih penting.

“Artinya ini sudah terbangun. Mari manfaatkan bersama-sama. Terbangun dengan uang rakyat, akan memberi manfaat rakyat,” tambahnya.(fat/yds)

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih