Connect with us

Pemerintahan

Pemkab Malang Sediakan 15 Ribu Alat Rapid Test Antigen

Diterbitkan

,

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, drg Arbani Mukti Wibowo (Foto: Imron Haqiqi)

KABARMALANG.COM – Pada hari libur natal dan tahun baru ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang punya 15 ribu alat rapid test antigen.

Alat rapid test antigen itu bakal diprioritaskan untuk tracing Covid-19 di Kabupaten Malang.

“Jadi nanti sebagian alat rapid test Antigen ini akan kami distribusikan untuk puskesmas guna kepentingan melakukan tracing,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, drg Arbani Mukti Wibowo saat dikonfirmasi, Sabtu (26/12/2020).

Selain untuk tracing, belasan ribu stok alat rapid test antigen juga diperuntukkan bagi pejabat atau ASN (Aparatur Sipil Negara) di Kabupaten Malang, yang akan melakukan kunjungan kerja ke luar kota.

“Tujuan utama rapid test antigen prioritasnya memang untuk tracing. Tapi sebagian juga untuk pejabat, petugas, atau karyawan yang mau keluar wilayah Kabupaten Malang,” jelasnya.

“Terakhir alat rapid test antigen itu juga disediakan bagi pendatang ke Kabupaten Malang, yang tidak punya hasil rapid test antigen negatif,” imbuhnya.

Arbani mengklaim nakes (tenaga kesehatan) yang ditugaskan melakukan rapid test antigen akan diberikan pelatihan khusus terkait cara penggunaan alat rapid test antigen itu.

“Jadi nanti praktek penggunaan alat rapid tert antigen ini akan dilakukan oleh tenaga kesehatan yang terlatih,” ujarnya.

Sebab, lanjut Arbani, memang lebih sulit dari rapid test antibodi. Kalau antibodi melalui sampel darah pada jari.

“Sedangkan rapid test antigen hampir sama seperti swab (PCR), yaitu melalui hidung dan tenggorokan,” tukasnya. (imr/fir)

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih