Connect with us

Serba Serbi

Budikdamber Kelompok RW di Kota Malang Solusi Tingkatkan Ketahanan Pangan

Diterbitkan

,

Budikdamber ini di lakukan sekelompok Rukun Tetangga RT01/RW01 Pandanwangi Blimbing, Kota Malang

KABARMALANG.COM – Budidaya ikan dalam ember (Budikdamber) merupakan solusi untuk meningkatkan ketahanan pangan dan pemenuhan tambahan gizi di lingkungan tersebut.

Budikdamber ini di lakukan sekelompok Rukun Tetangga RT01/RW01 Pandanwangi Blimbing, Kota Malang.

Ikan yang di gunakan dalam budidaya tersebut adalah ikan lele. Pemilihan ikan lele di karenakan perawatannya mudah dan pakan yang di gunakan harganya terjangkau.

“Bahan dan perlengkapan Budikdamber semua gratis dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Malang,” ujar Mariono, Ketua RT01/RW01 Pandanwangi, Sabtu (10/2/2024).

Dia mengungkapkan perlengkapan Budikdamber termasuk ikan lele semuanya dari Dispangtan.

“Semua, mulai ember, bibit ikan lele, pakan sampai benih tanaman kangkung di kasih,” jelasnya.

“Hanya batu aerasi kecil yang belum di berikan katanya menyusul,” sambung Mariono penggagas Budikdamber di RW01 Pandanwangi.

Mariono tidak sendirian mengerjakan budidaya ikan dalam ember tersebut ia di bantu Nur Viandi serta beberapa warga di RT01.

Mariono tidak sendirian mengerjakan budidaya ikan dalam ember tersebut ia di bantu Nur Viandi serta beberapa warga di RT01.

Ketua RT01 Mariono saat mengerjakan budidaya ikan dalam ember di bantu Nur Viandi dan beberapa warga

Budikdamber ini, kata Mariono, di tujukan untuk membantu ketahanan pangan di skala rumah tangga dulu khususnya di RT01 dulu.

Selain budidaya ikan di bagian bawah ember, pada bagian atas ember nanti dapat di gunakan untuk membudidayakan tanaman air.

“Kan ada benih kangkung yang sudah di berikan kemarin, saat pelatihan Budikdamber di Hotel Grand Mercure,” terang Mariono.

Dengan adanya program dari Dispangtan ini ia merasa terbantu dalam hal meningkatkan gizi keluarga dan bisa memanen sendiri, ikan lele dan sayuran dari rumah.

“Budikdamber ini di harapkan untuk tambahan pemenuhan gizi, karena ikan merupakan sumber protein yang tinggi,” katanya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Malang, yang sudah memberikan kesempatan warga RT01,” pungkas Mariono. (carep01/fir)

 

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih