Connect with us

Edukasi

Peringati HKGN, 269 Siswa SD Kota Batu ikuti Kegiatan Sikat Gigi Bersama

Diterbitkan

,

Sebanyak 269 siswa SD dari 5 SD di Kota Batu, mengikuti kegiatan sikat gigi bersama. (foto istimewa)

 

KABARBATU.COM – Sebanyak 269 siswa SD dari 5 SD di Kota Batu, mengikuti kegiatan sikat gigi bersama pada Senin (12/9/2022).

Kegiatan sikat gigi bersama itu di gelar dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) yang jatuh pada 12 September 2022.

Mengusung tema, Pulih Bersama dengan Senyum Sehat Indonesia, kegiatan HKGN ini termasuk rangkaian Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2022.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu, drg. Kartika Trisulandari membuka acara pelaksanaan sikat gigi serentak melalui teleconference.

Sebelum pelaksanaan sikat gigi bersama, terlebih dahulu para siswa di berikan penyuluhan dan edukasi tentang cara menyikat gigi yang baik dan benar oleh Dokter Gigi dari PDGI Malang Raya.

Apresiasi di berikan Kartika, untuk kegiatan HKGN yang di laksanakan oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Malang Raya.

Yakni kick off, sikat gigi bersama anak Indonesia yang di rangkaikan kegiatan School Health Program (SHP).

Dokter Gigi yang terlibat dalam kegiatan ini berjumlah 88 orang, dengan rincian Dokter Gigi dari Kota Batu berjumlah 9 orang, dari Kota Malang 27 orang dan dari Kabupaten Malang 52 Orang.

“Pemerintah, berharap agar seluruh masyarakat dari berbagai kalangan mengetahui pentingnya dan menjaga kesehatan gigi dan mulut,” ujar Kartika.

“Tak terkecuali, anak-anak Sekolah Dasar yang sudah harus di biasakan menjaga kesehatan gigi dan mulut,” sambungnya.

Tidak hanya Kegiatan Sikat Gigi Bersama, namun di selenggarakan juga Fissure Sealant atau penutupan ceruk gigi untuk mencegah terjadinya gigi berlubang dari ceruk gigi.

Kegiatan BKGN, yang di laksanakan nantinya juga termasuk bakti sosial di 3 wilayah, yaitu Kota Batu, Kota Malang dan Kabupaten Malang.

Menurutnya, kegiatan tersebut sangat bermanfaat dan di harapkan akan membangun Indonesia dari segi kesehatan secara keseluruhan.

Dengan menjaga kesehatan gigi, kesehatan secara umum akan terjaga dan mendukung terciptanya generasi yang berkualitas.

269 peserta sikat gigi yang mengikuti kegiatan ini berasal dari lima sekolah dasar yang berada di wilayah 5 Puskesmas.

Dari SDN Ngaglik 01 yang masih di dalam wilayah Puskesmas Batu, ada 75 Siswa Kelas 1 sebagai peserta.

Sementara itu, dari SDN Pandanrejo di wilayah Puskesmas Bumiaji, ada 50 anak peserta. Dari SDN Sisir 01 di dalam wilayah Puskesmas Sisir, 51 siswa.

Dari SDN Pendem 02 yang masuk dalam wilayah Puskesmas Beji, ada 51 anak. Sedangkan dari SDN Junrejo 01, dalam wilayah Puskesmas Junrejo, ada 40 Siswa yang mengikuti kegiatan ini.

Peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional pertama kali di gagas oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia, dr. Endang Rahayu Sedyaningsih, yang secara resmi di sahkan di Lapangan Gasibu, Bandung pada tahun 2011.

Peringatan, kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian penting dari kesehatan tubuh sehingga menjadi salah satu penunjang kesejahteraan masyarakat. (tik/fir)

 

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih