Ekbis

Pemilihan Puteri Heritage, 80 Designer Indonesia Hadir di Dinoyo Mall

Diterbitkan

,

Founder Puteri Heritage Indonesia, Dr. Kelly Manni, S.Pd, M.Pd saat konferensi pers di Hotel Rayz UMM.

 

KABARMALANG.COM – Pemilihan Puteri Heritage 2022 akan segera gelar di Dinoyo Mall Kota Malang. Berlangsung selama lima hari, yakni tanggal 1 hingga 5 Juni 2022.

Founder Puteri Heritage Indonesia, Dr. Kelly Manni, S.Pd, M.Pd mengatakan bahwa tema heritage dipilih untuk mempertahankan budaya dan adat Indonesia ke para millenial.

“Alasan memilih tema heritage karena saya punya rasa khawatir perkembangan 5.0, 5G bahkan media sosial sangat cepat,” ujarnya.

“Saya takut anak muda terkikis adatnya, sikapnya hingga etikanya,” sambung Kelly saat konferensi pers di Hotel Rayz UMM, Selasa (31/5/2022).

Kelly menjelaskan, dengan adanya pemilihan puteri heritage ini anak-anak hingga remaja bisa pertahankan adat Indonesia.

Peserta yang terpilih nantinya diharapkan menjadi mercusuar pada anak-anak dan remaja lainnya.

“Dengan budaya Indonesia yang sopan dan santun, sehingga mulai dari kecil kita harus berikan contoh dan Putri Heritage Indonesia ini wadahnya,” ucapnya.

“Itu tujuannya edukasi dan ketika besar orang tua tidak kerepotan,” lanjut Kelly.

Dalam ajang tersebut, tercatat akan ada 80 designer kurang lebih dari 34 provinsi di Indonesia. “Serta modelnya ada 150-an yang akan memamerkan busana,” sambung dia.

Founder Puteri Heritage Indonesia, Dr. Kelly Manni, S.Pd, M.Pd saat wawancara dengan wartawan. 

Pameran busana nantinya, kata Kelly adalah busana dengan kain khas atau asli Indonesia. “Dan yang ditampilkan itu merupakan warisan budaya dan terdaftar di Unesco atau umurnya di atas 50 tahun,” tutur Kelly.

Ajang pemilihan tersebut akan melombakan tiga kategori, yakni mulai cilik, remaja, hingga dewasa.

“Besok yang sudah fix per kategori cilik ada 32 remaja 24, dewasa 28,” terangnya.

Dalam ajang ini sejumlah kementrian mendukung. Diantaranya adalah Kemenparekraf, Kemenristekdikti, Kemenlu hingga Kemendagri.

“Karena kami juga bertujuan untuk membangkitkan ekonomi. Kita tahu selama dua tahun kita tidur karena pandemi,” ujarnya.

“Jadi harapannya ekonomi kreatif, UMKM, designer, pembatik, hingga penenun bisa bangkit,” harapnya.

Setelah terplih nantinya, Puteri Heritage 2022 akan beraudiensi dengan sejumlah kementrian.

Tidak hanya itu kunjungan gubernur dari Aceh hingga Papua juga akan dilakukan putri terpilih.

Hasilnya nanti adalah membuat miniatur Indonesia di sebuah desa. Seluruh khas rumah adat dari 34 provinsi akan dibuat di desa itu.

“Kami akan cari desa terbelakang ekonominya itu akan kami buatkan miniatur pakaian ada dan rumahnya dari 34 provinsi,” kata dia.

Selain itu, pemenang puteri heritage juga akan membantu Kemenlu dan Kemenparekraf untuk mempromosikan budaya dan adat Indonesia ke luar dan dalam negeri.

“Nanti ada expo besar yang melibatkan tamu-tamu mancanegara. Itu kerjasama dengan Kemenlu dan Kemendagri,” katanya.

“Makannya besok kementrian juga akan hadir. Dan nanti tujuannya juga untuk berangkat ke luar negeri juga,” pungkas Kelly. (carep01/fir)

 

Klik untuk berkomentar

Terpopuler

Exit mobile version